cek cara mengatasi ruang penyimpanan HP yang hampir penuh

Bagaimana Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis? Cek Infonya Disini

Ruang penyimpanan HP digunakan untuk menyimpan berbagai file penting pengguna. Jika tidak aware, bisa-bisa ruang tersebut cepat penuh dan membuat Anda tak bisa lagi menyimpan dokumen. Tenang! Ada cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis, Anda tinggal menerapkan yang paling mudah dan aman.

3 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

Ada tiga cara yang bisa dilakukan, untuk mengatasi penuhnya ruang penyimpanan pada HP kesayangan Anda yaitu:

cek cara mengatasi ruang penyimpanan HP yang hampir penuh

1. Pindahkan File

Cara ini memang butuh waktu dan media lain yang akan dijadikan tempat memindahkan file. Biasanya orang menggunakan laptop untuk melakukannya, tinggal ikuti cara berikut ini:

Sambungkan HP Anda yang sedang hidup ke laptop menggunakan kabel USB. Pastikan HP sudah diatur untuk melakukan perpindahan file.

Laptop akan mendeteksi adanya perangkat baru, Anda tinggal pilih ikon HP Anda yang sudah tampil pada halaman file explorer.

Akan terlihat dua memori yaitu internal dan eksternal. Anda tinggal buka memori internal dan pindahkan data yang ada ke folder khusus yang dibuat pada file explorer laptop. Usahakan memilih dokumen dengan ukuran besar, supaya ruang penyimpanan HP tidak lagi penuh.

2. Pakai Aplikasi Pembersih HP

Saat ini banyak aplikasi pembersih HP yang tersedia melalui berbagai platform, Anda bisa pilih salah satunya dengan review terbaik. Unduh dan jalankan aplikasi untuk membersihkan handphone dari data tidak penting termasuk cache dan file bawaan dari berbagai aktivitas Anda di dunia maya.

3. Hapus Aplikasi dan Cache

Anda juga bisa menghapus aplikasi yang selama ini jarang digunakan, begitu juga dengan file cache yang terdapat pada HP. Cara menghapusnya cukup masuk ke menu pengaturan aplikasi, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin dihapus, setelah itu pilih uninstall.

Begitu juga dengan penghapusan cache, setelah masuk menu pengaturan aplikasi maka Anda tinggal pilih clear cache.

Dengan melakukan tiga langkah di atas, paling tidak Anda sudah bisa memiliki ruang penyimpanan yang kembali besar. Ingat! Lakukan pembersihan dengan tiga cara di atas secara berkala, supaya memori penyimpanan Anda tidak pernah penuh. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *